A Journey Learning with ZENIUS

Hello guys, perkenalkan gue Akbar Malik, siswa kelas XII di salah satu SMA negeri di Bandung yang masih jomblo dan haus akan ilmu. Ceileh. Oke, berhubung masa liburan akhir tahun ini gue dilanda kegabutan yang amat sangat, gak ada rencana liburan kemana pun. Untuk mengisi liburan yang penuh kegabutan ini gue sering buka internet untuk cari artikel-artikel yang manfaat, dan artikel yang biasa gue baca sih di zenius.net. Kebetulan zenius.net lagi ngadain lomba nulis blog bertemakan #ReviewZenius. So, akhirnya gue putuskan untuk ikutan lombanya, untuk ikut serta ngasih review selama gue jadi pengguna zenius.net, untung-untung sih bisa manfaat untuk zenius.net dalam pengembangannya. So, this is my story..

Oke, sedikit cerita tentang kebiasaan gue belajar sebelum belajar lewat zenius. Awalnya sih, metode yang gue pake untuk belajar tuh ya kayak siswa kebanyakan, yakni membaca. Tapi gue usahakan baca berulang-ulang biar nempel tuh si materi pelajaran. Gue udah enjoy sih sama metode belajar gue yang kayak gitu, tapi kadang males untuk baca ulangnya. Sampe akhirnya gue coba belajar lewat zenius.net.

Kenapa gue kasih judul ‘A Learning Journey with ZENIUS’? Karena perjalanan belajar lewat zenius.net bisa dibilang ngerubah mindset gue dalam belajar. Sebenernya sih gue belum lama belajar lewat zenius.net, bisa dibilang anak kemaren. Baru belakangan ini, sekitar 2-3 bulan ke belakang. Itu pun gak sengaja, karena gue ikut lomba cerdas cermat sosiologi tingkat nasional di Universitas Pendidikan Indonesia, yang mengharuskan gue ngejar materi pelajaran kelas 10-12 dalam waktu yang relatif singkat. Gue dikasih pinjem akun zenius.net sama adik kelas gue, karena dia partner lomba gue sih, jadi dia kasih pinjem akunnya ke gue wkwk.

Gue coba deh tuh buka zenius.net, kesan pertama pas gue tonton videonya, waw asik! Tutornya dengan gaya yang simpel, dan asik ngebuat gue betah lama-lama didepan laptop untuk nonton video demi video. Dan tutor favorit gue absolutely Bang Pio IS.

Alhamdulillah nya gue termasuk juara kelas, yang mungkin kenapa gue dipilih ikut lomba cerdas cermat sosiologi itu. Dan ketika bimbingan pelajaran sosiologi bersama guru pembimbing, ibu gurunya sempet amaze, karena gue dan adik kelas gue bisa nguasain materi kelas 10-12 dengan cepat dan relatif sempurna.

Bersama dua guru pembimbing dan dua partner.

Berjalanlah waktu dari gue belajar lewat zenius.net sampe waktu cerdas cermat sosiologi itu tiba. Jeng jeng jeng. Kira-kira setelah gue belajar lewat zenius.net, gue menang gak? Ayo prediksi, gue menang gak? Jawabannya: menang. Iya menang, menangis. Gue cuma lolos 16 besar, sad sih, but it’s not the end of this journey.

Bareng sobat dari sekolah tetangga.
Gue putuskan untuk gak berhenti belajar lewat zenius.net, mengingat gue tahun 2017 harus perang dengan UN dan mungkin SBMPTN, tapi doain ya masuk SNMPTN hehe.
Dapet sertifikat sebagai finalis doang. Gak apa-apa.
Raport semester 5 gue juga alhamdulillah naik. Berkat belajar di zenius.net, Penilaian Akhir Semester (PAS) kemarin juga gue ngerasa lebih gampang dari pada biasanya. Materi yang gue pelajari di zenius.net emang gampang banget nyerep dan nempel.


Setelah gue explore lebih jauh zenius.net, ternyata gue mendapatkan ilham. Wes ilham, kek apa aja yak. Ya intinya, semua fitur yang ada di zenius.net tuh luar biasa banget manfaatnya. Selain video pembelajaran plus latihan soal, fitur favorit gue tuh zeniusBLOG dan ZeniusLearning. Setiap gue ada waktu luang, dan karena anak SMA pasti banyak waktu luang, gue sering-seringin deh tuh baca artikel-artikel di zeniusBLOG. Ngebuat pikiran jadi lebih terbuka dan kritis.

Kalau soal penulis artikel favorit gue, salah satunya Bang Glenn Ardi. Sebenernya semua penulis atau tutor yang ada tulisannya asik-asik sih, dan kontennya beda dengan aritikel-artikel di luaran sana, jadi sama sekali gak akan bosen untuk baca. Gak semua bimbel memfasilitasi siswa-siswinya dengan metode belajar yang efektif dan memberi solusi untuk memecahkan masalah klise dalam belajar, kalau zenius.net udah jelas banget concern sama metode belajar yang efektif, terlihat dari artikel-artikel di zeniusBLOG dan video di ZeniusLearning.

Semenjak sering baca artikel di zeniusBLOG, gue sekarang lagi seneng-senengnya nulis di blog. Alhamdulillah teman dan guru gue mengapresiasi hobi nulis gue, mereka jadi pembaca setia artikel-artikel gue di blog. Hobi nulis juga bisa dibilang baru-baru ini, ada dorongan setelah baca artikel di zeniusBLOG tentang ‘Bagaimana cara membuat artikel blog yang menarik?

Saat ini gue masih terus belajar lewat zenius.net, dan selalu update baca artikel terbaru di zeniusBLOG. Gue juga udah download semua soal-soal UN IPS dan SBMPTN Soshum tahun-tahun sebelumnya, jadi liburan ya dipake belajar.

Mungkin artikel terbaru ada 4-5 hari sekali, kalau lagi cepet sih mungkin 2-3 hari sekali ya. So, I’ll always waiting for the new article from zeniusBLOG.
Sebenernya banyak banget artikel favorit gue, tapi gue rangkum jadi 5 artikel, yakni:

Nah, ini gue banget nih. Semua anak SMA yang mau daftar ke PTN pasti berharap masuk lewat jalur SNMPTN. So, lewat artikel ini Bang Ari Candra gue jadi lebih tau gimana strateginya untuk ngemaksimalin kesempatan gue di SNMPTN.

Intinya, Kak Fanny Rofalina mengajak kepada para pembaca bahwa kerja keras itu harga mati. Lo bisa jadi apapun selama lo mau kerja keras untuk ngewujudin itu semua.

Gue anak IPS. Dan IPS tuh seakan-akan udah dicap anak yang bandel, males, dsb. Kayak udah ada streotip dari masyarakat kalau anak IPS tuh kualitasnya dibawah anak IPA. So, lewat artikel ini, Kak Annisa Wibowo ngejelasin dan ngupas segala aspek yang ada di rumpun ilmu IPA dan IPS. Setelah baca artikel ini lo yang masih nganggep IPA lebih superior dari IPS mungkin bakal mikir ulang. Semua ada kemampuannya, ada keahliannya.
Lagi-lagi ini gue banget, kelas XII pasti lagi galau-galaunya mau milih jurusan apa. Milih jurusan itu ibarat lo milih jodoh, nentuin siapa yang bakal jadi temen seumur hidup lo sama dengan nentuin apa yang akan lo pilih sebagai jalan hidup lo. Bang Glenn Ardi ngasih tipsnya gamblang banget! Untuk lo yang masih galau nentuin jurusan, harus banget baca artikel ini!

Nah, untuk milih jurusan tuh gak bisa cuma mempertimbangkan 1 atau 2 aspek doang, melainkan banyak aspek lain yang lo harus pikirin mateng-mateng. Bang Faisal Aslim ngajak pembaca untuk mikirin bener-bener jurusan dengan mempertimbangkan segala aspek. 

Mungkin gue belum lama dan bisa dibilang anak kemaren yang gabung belajar di zenius.net, tapi gue bisa ngerasain kalau belajar di zenius.net itu efektif banget, bisa belajar kapan pun dan dimana pun. Mungkin di Indonesia zenius.net udah banyak dikenal, bahkan sangat dikenal ya. Tapi sekedar saran, publikasi dan promosi tentang media pembelajaran zenius.net ini perlu lebih disebarluaskan lagi, biar semua pelajar di Indonesia bisa ngerasain belajar yang enak dan efektif tuh kayak gimana. Jadi metode belajar pelajar Indonesia gak gitu-gitu terus: baca dan ngafal. Pokoknya zenius.net mantep banget dah, pelopor pembelajaran melalui video.

Sozenius.net is one of the incredible way for learningI hope zenius.net never stop create great things, motivating, inspiring, and makes learning be addictive!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Pidato : Persahabatan yang Sesungguhnya

Praktek Nikah

Kutub Kebaikan dan Kutub Keburukan