Salam Sinergi

What do you know what is sinergi? Kamu tau apa itu sinergi? Sinergi itu adalah.. Apa ya? Menurutmu, apa itu sinergi? Menurut saya, sinergi itu adalah kebersamaan dalam melakukan sesuatu. Saya akan memfokuskan bahasan sinergi ini untuk kebaikan perubahan, yang artinya menjadi kebersamaan dalam melakukan kebaikan untuk perubahan. Ketangkep? Bisa dibilang juga gotong royong lah, gotong royong dalam hal kebaikan untuk perubahan. That’s it.

Kenapa harus dalam hal kebaikan? Karena keburukan udah terlalu banyak menjajah kehidupan ini. Sadar atau tidak, ketika hari ini kita berbuat baik, keburukan diluar sana juga terus berjalan. Dan saya kira intensitas antara kebaikan dan keburukan itu jauh. Keburukan mendominasi. Gimana aja kayak diri kita, dalam 24 jam, lebih banyak baiknya atau buruknya? Silahkan dijawab dihatinya masing-masing.

Jadi begini kawan-kawan pembaca tercinta, tulisan ini dimaksudkan untuk mengkampanyekan perubahan dengan cara berbuat baik dan bersama. Kebersamaan dalam kebaikan lah intinya. Tapi berbuat baik untuk perubahan itu gak cukup dan gak bisa kalau cuma kamu atau individu yang ngelakuinnya. Diperlukan adanya kesadaran bersama untuk berubah dan menjadi baik.

Perubahan yang kayak gimana sih? Perbuatan baik yang kayak gimana sih? Pasti teman-teman bertanya demikian.

Contoh deh. Pacaran. Kira-kira pacaran itu baik atau buruk sih? Kira-kira aja lah.. Terus kira-kira yang ngelakuin pacaran itu banyak atau sedikit sih? Lebih banyakan yang pacaran atau yang jomblo? Mungkin yang pacaran lebih banyak ya, dan yang jomblo juga gak sedikit sih. Contoh aja yang baca artikel ini. Eh ups.
Saya justru applause banget sama muda-mudi yang milih gak pacaran, dan lebih milih fokus untuk ningkatin kemampuan dan kualitas diri.

Contoh lain. Nyontek. Ketika ulangan atau ujian, lebih banyak yang jujur apa nyontek? Nyontek ya? Mau itu nanya kek, mau itu atas keputusan bersama saling berbagi jawaban kek, tetep itu nyontek. Ngopas jawaban orang lain. Dan kamu termasuk yang mana? Yang selalu jujur atau ikut nyontek?

Ya contohnya cukup dua lah, contoh yang bener-bener pasti dirasain setiap anak muda. Udah gak susah dan gak langka kalau ngeliat yang pacaran dan nontek ketika ulangan. Justru yang langka itu yang jujur dan gak pacaran. Kamu langka atau pasaran? Eh.
Kalau anak Indonesia udah bisa selalu jujur ketika ulangan, dan milih gak pacaran demi ngegali potensi diri, ningkatin berbagai kemampuan, saya kira Indonesia punya harapan baik akan penerus bangsa ini. Sedangkan realita yang kita lihat dan rasakan saat ini, rasanya sangat jauh dari kata ideal.

Bahas sedikit soal pacaran sama nyontek. Sebenernya ya, pacaran itu menciderai, menyakiti, melumpuhkan, mengurangi kemampuan mencintai seseorang. Ya gimana gak enggak, detk-detik ketika pacaran itu berarti menulis kenangan bersama pacar itu. Ketika tar putus, terngiang deh tuh kenangan, yang akan memupus cinta bersama cinta setelahnya. Jadi berkurang gitu lah cintanya. Kalau kata guru saya, pacaran tuh gak asik. Sebab tar kalau udah nikahnya ngerasa gak aneh kalau pegangan, saling tatap mata, dst. Ngerasa gak aneh dan mungkin hambar. Duh sayang sekali kan. Mau pernikahannya berkah dan berkesan? Ya jangan pacaran. Nikah yang didahului pacaran gak akan seasik sama yang gak pacaran. Yang saya tangkap sih seperti itu.

Dan nyontek, nyontek tuh berarti ngopas karya orang dan mengakui itu sebagai karya kamu. Nilai yang kamu dapet juga bukan hasil berpikir, melainkan hasil ngopas. Kalau dibiarin terus-menerus, itu akan menumbuhkan dan mengembangkan sifat males mikir. Jadi ya keenakan nyontek. Kayak kita misalnya disuruh buat makalah atau powerpoint, pasti kebanyakn ngopas kan, mana sumbernya gak dicantumin lagi. Terus ya kita leha-leha aja gitu pas lagi presentasi, cuma baca doing, sangat tekstual. Beda sama yang mikir, pasti yang mikir bisa ngejelasin materi presentasinya dengan baik dan ngalir, gak kayak baca koran.

Nah, untuk melawan dan memerangi keburukan tersebut, diperlukan kesadaran bersama. Nah yang susah itu sadar. Susah banget buat nyadarin kalau itu tuh gak baik. Sedangkan kalau kamu-kamu yang ngerasa udah jujur dan gak pacaran cuma 1 2  orang, saya kira itu gak akan mampu ngelawan keburukan itu.
Makanya ada yang bilang, “Kebaikan akan kalah dengan kejahatan yang terorganisir.” terorganisir berarti banyakan dan kerja sama kan? Nah itu. Ada juga yang bilang gini “Kebobrokan atau kehancuran dunia ini bukan salah orang jahat, melainkan orang baik yang diam tanpa tindakan.” See?

Nah, jadi harus gimana dong? Jawabannya: berbuat baik secara sinergi. Bersama-sama, bahu-membahu. Gak bisa kan cuma presiden atau pemerintah yang mau bangsa ini maju, diperlukan juga kemauan dan partisipasi dari masyarakatnya. Pemerintah udah menghimbau jangan buang sampah sembarangan misal, tapi masyarakatnya tetep aja buang sampah sembarangan. Kan susah kalau gitu.

Dan untuk kamu-kamu yang sedang berusaha menjadi baik, ajak juga temennya untuk jadi baik. Menuju baik itu baik, apalagi kalau bareng-bareng. Jadi ketika ada yang salah pada diri kita, akan ada teman yang selalu mengingatkan. Sama kayak saya, saya nulis ginian bukan berarti saya udah jujur 100%, dan belum tentu juga saya bisa lepas sepenuhnya dari jerat godaan pacaran. Jadi ketika misalnya saya salah, akan ada teman yang mengingatkan.

Dan untuk kamu-kamu yang udah ngerasa bisa berbuat baik sedikit demi sedikit dan 
berusaha mengkonsistensikannya, tetaplah baik. Baik itu mahal, baik itu berlian. Jangan merasa rendah diri karena berbeda dari yang lain, tapi banggalah karena berbeda dalam kebaikan. Ajak lingkungan sekitarmu untuk sama-sama berjuang dalam kebaikan.

So, belajar baik, konsisten, dan mengajak yang lain. Insya Allah akan jauh lebih baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Pidato : Persahabatan yang Sesungguhnya

Praktek Nikah

Kutub Kebaikan dan Kutub Keburukan