Pacaran gak yaa?

Pacaran itu apa sih? Menurut Wikipedia, ‘Pacaran merupakan proses perkenalan antara dua insan manusia yang biasanya berada dalam rangkaian tahap pencarian kecocokan menuju kehidupan berkeluarga yang dikenal dengan pernikahan’. Weis, berat banget ya? Well, kita semua taulah ya, apa yang dimaksud dengan pacaran. Udah umum banget ditelinga kita ngedenger kata ‘pacaran’.

Bahkan kalau gak punya pacar, mungkin bakal dikatain tuh sama temen-temen,

“Ah jones lu!”

“Dasar jomblo!”

Jadi mungkin bagi sebagian orang, mereka akan merasa bangga ketika mereka menulis nama pacarnya di status atau bio social media mereka. Kayak di Line, Instagram, (namapacar<3). Rasa-rasanya sih bangga kali ya, karena terbebas dari status jomblo. Rasa-rasanya sih bangga kali ya, karena bisa pamer punya pacar.

Pacaran itu enak gak sih? Enak banget dong ya, selalu ada yang nanyain kabar, selalu ada yang ngingetin makan, selalu ada yang ngingetin minum obat kalau lagi sakit, selalu ada yang nanyain lagi ngapain dan dimana, sampe selalu ngingetin kita untuk ibadah. Ya gak? Umumnya si gitu ya.

“Lagi apa yang?”

“Jangan lupa makan yaaah!”

“Jangan lupa shalat yaah!”

Gitu kan ya? Sebenernya agak geli juga sih ngetiknya, tapi emang begitu adanya kan. Kalau punya pacar tuh hidup serasa sempurna banget ya, apa-apa ada yang ngingetin, udah kayak alarm otomatis aja gitu.
Manfaat dan tujuan pacaran apa sih? Kebanyakan dari temen gue sih jawabnya gini,

“Ya buat motivasi aja sih.”

“Buat penyemangat aja, biar hidup lebih berwarna bro.”

“Pemanis masa muda dong broo.”

Motivasi dan dalih masa muda menjadi ‘penghalal’ pacaran. Kalau cuma jadi penyemangat, kenapa gak temenan aja? Kalau pemanis masa muda, kenapa gak nyalurin minat ke sana-sini aja?

Sebenernya pacaran itu statusnya atau aktivitasnya sih?

Seseorang bisa dikatakan pacaran kalau punya seseorang yang menganggap dirinya sebagai orang yang spesial dan kepastian status melalui jalur penembakan. Ya gak? Hahaha. Prosesnya kan PDKT -> nembak -> diterima -> jadian -> pacaran. Ya kalau gak nembak berarti gak pacaran. Tapi kalau aktivitasnya chat sampe malem, telfonan sampe malem, nonton, makan, jalan tiap malem minggu, tapi gak nembak, itu pacaran bukan ya? Terus misal kalau ada status pacaran, tapi gak pernah ketemu, chat juga seperlunya, itu juga kenal dan nembaknya via Facebook, apakah itu pacaran juga?

So, pacaran itu statusnya atau aktivitasnya?

Oke, gue dari tadi udah nyinggung ‘enaknya’ pacaran tuh apa aja. Sekarang kita kupas apa aja sih negatifnya.

Kebanyakan dari yang pacaran setelah putus tuh galau gundah gulana. Gue bersyukur sih temen-temen gue percaya ke gue, jadi banyak dari mereka kalau galau cerita ke gue, ya kadang sih gue sedih gitu ya, masih aja galau sedih-sedihan karena pacar atau mantan. Gak banget bro! Anak muda tuh orientasinya masa depan, bukan masa lalu bareng mantan. Asik gak tuh?

Kadang kalau punya pacar tuh ngebuat kita lupa diri. Mungkin bukan kadang lagi kali ya, tapi sering, bahkan selalu. Apa-apa tuh pasti pacar yang diutamain, lebih dulu ngabarin pacar dibanding ngabarin orang tua, nabung cuma untuk ngasih kado ke pacar sambil bilang ‘happy anniv yaaang’, padahal uang bekelnya dikasih orang tua yang kerja susah payah, lupa tugas utama sebagai murid, katanya sih biar ada yang ngingetin tugas, tapi nyatanya prestasi malah anjlok.

Pacaran tuh ibarat masuk ke dunia yang gelap, memang sih pada awalnya mungkin akan terasa indah, berwarna, berkesan. Tapi kesananya pait bro! Tiba-tiba nangis, tiba-tiba galau gak jelas. Yang tar imbasnya ya ke orang tua lagi, ya ke tugas sekolah lagi. Orang tua rela berjuang untuk anaknya, tapi masa anaknya rela berjuang untuk pacarnya. Kan nggak banget.

Perlu disadari bahwa dari seabreg ‘kenikmatan’ pacaran, dampak negatif dari pacaran itu lebih mematikan, melumpuhkan jiwa muda kita yang sebenernya. Jiwa muda yang seharusnya penuh tawa dan bahagia karena mengeksplor minat, bakat, dan hobi, ini malah galau. Kan rugi banget!

Lebih baik nunggu dan minta yang pasti-pasti aja. Ya tentunya kalau yang pasti sih mintanya ke Allah. Yang jelas sih, masa muda ini saatnya kita untuk eksplor bener-bener diri kita, mau jadi apa diri kita, mau dibawa kemana diri kita. Minta dan berharaplah hanya kepada Allah, bukan kepada harta benda, atau si dia. Toh kalau pun jodoh, pasti ketemu. Allah selalu punya cara yang terbaik untuk mempertemukan hamba-Nya. Ya kan ya kan.

Tulisan ini bukan bermaksud untuk memengaruhi kalian yang pacaran untuk putus, tulisan ini juga belum tentu sepenuhnya bener, dan mungkin kalian yang ngejalanin pacaran yang lebih tau pacaran itu seperti apa. Gue hanya mengajak kalian untuk kritis, melihat dan berpikir lebih jauh tentang penting gak sih pacaran.

Oke, sebagai penutup tulisan ini, gue tutup dengan quotes luar biasa,


Cinta itu bukan soal kebersamaan apalagi memiliki. Melainkan pada ingatan yang diletakkan di hati kita masing-masing, pun dalam doa-doa yang dipanjatkan dalam senyap.”

-          Tere Liye

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Pidato : Persahabatan yang Sesungguhnya

Praktek Nikah

Kutub Kebaikan dan Kutub Keburukan