Ngerokok yuk?

Pernah ngerokok? Bagi lu yang udah pernah ngerokok, mungkin sekarang bukan pernah lagi ya, tapi bisa dibilang sering, bahkan selalu. Tidak bisa dimungkiri bahwa merokok bagi sebagian orang merupakan pengisi hidup, yang setiap waktunya harus ditemani dengan sebatang rokok. Banyak yang bilang kalau ngerokok itu gak sehat, ngerokok itu buang-buang duit, ngerokok itu ibarat lu bunuh diri, dan lainnya. Tapi iya gak sih? Seringkali lu-lu yang ngerokok tuh punya alesan yang jitu buat jawab tuh pernyataan.

“Yang ngerokok kan gue, kenapa lu yang repot?

“Ngerokok itu pelepas stress braay!”

“Gue emang ngerokok. Terus kenapa? Gue masih berprestasi kok dengan gue merokok. Apa masalahnya?”

“Gue sih kalau ngerokok sesekali aja, kalau gue lagi galau atau lagi stress.”

“Ngerokok mati, kagak ngerokok juga mati. Ngerokok aja dah.”

“Perokok pasif tuh lebih bahaya. Sekalian aja perokok aktif!”

Seringkali gue ada di situasi tertentu yang mengharuskan gue menghirup pasif asap rokok. Di angkutan umum misalnya, (kadang juga pas ngumpul bareng temen). Kadang sih gue risih, dan gue kadang nanya atau ngingetin. Tapi ya gitu, selalu ada alesan dari mereka. Semakin lama gue semakin sadar, bahwa lu-lu pade tuh kekurung sama yang namanya ketagihan. Siapa sih yang gak tau kalau rokok itu mengandung nikotin? Yang akhirnya bakal nyebabin penggunanya addict. Pernah juga sih ditawarin. Tapi sukur gue masih sadar dan masih mikir.

Ngerokok yuk?
Ayo, kalau lu
mau ngonsumsi 
ngonsumsi 4000 racun setiap batangnya. Yang diantaranya nikotin dan tar.

Ngerokok yuk?
Ayo, kalau lu mau buat otak lu busuk, memorinya rusak, sampe kemampuan belajar dan kekuatan berpikir lu turun.

Ngerokok yuk?
Ayo, kalau lu mau bakar duit lu setiap waktu. Sekarang rokok kurang lebih 16.000 per bungkus. Hitung aja kalau lu ngerokok sebungkus per minggu, 16.000 X 4 = 64.000. Lu artinya ngabisin duit lu 64.000 per bulannya. Sekarang hitung per taun, 64.000 X 30 = 1.920.000, lu ngabisin kurang lebih 2 juta per taun untuk sesuatu yang gak manfaat untuk lu, untuk sesuatu yang ngerusak badan lu. Duit abis, badan abis. Memang worth it ya rokok tuh!

Ngerokok yuk?
Ayo, kalau lu masih belum sadar kalau ngerokok itu bukan cuma ngerusak kekebalan otak lu, tapi ada pendarahan juga tuh di otak lu.

Ngerokok yuk?
Ayo, kalau lu gak mikir jauh soal kesehatan lu di masa depan.

Oke kawan-kawan, keterangan yang gue kasih diatas itu bukan isapan jempol semata, itu bukan pendapat subjektif, tapi itu keterangan yang memang objektif dan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh badan peneliti yang dapat dipercaya. Gue perokok, tapi perokok pasif. Yang selalu berusaha untuk menjauhi asap rokok, karena gue tau kalau rokok itu berbahaya untuk kesehatan gue. Mungkin kalian yang ngerokok belum ngerasain dampak buruk ngerokok itu sekarang secara nyata, tapi nanti, berangsur-angsur dan perlahan-lahan setiap rokok yang lu isep itu ngegerogotin nyawa lu. Nyawa memang di tangan Allah, tapi sehat itu ditangan kita. Akhirnya, lu mau sehat apa nggak? Masih mau ngerokok?

“Cigarettes are only good in photographs.”

Catatan kaki :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Pidato : Persahabatan yang Sesungguhnya

Praktek Nikah

Kutub Kebaikan dan Kutub Keburukan