Pake Hati

Hati teh organ hati atau jantung? Kebanyakan orang kalau megang hati tuh di dada sebelah kiri. Yang artinya itu jantung. Judulnya ‘Pake Hati’, kira-kira mau ngomongin apa hayo? Pasti kalian udah mikir kalau tulisan ini akan berisikan tulisan baper-baperan, cinta-cintaan. Ya kan? Kalau kamu baru baca judulnya udah mikir gitu, saya pastikan kamu pasti anak muda yang baru gede, yang haus akan pengalaman cinta. Wes lebay. Pokoknya kamu-kamu yang ngira dan mikir gitu pada awalnya, itu kurang tepat.

Kalian kalau denger kata hati pasti bawaannya baper ya? Nah kalau iya, berarti ada kesalahan dengan pola pikir kalian. Ya termasuk saya sih. Bukan kesalahan sih, tapi kurang tepat. Soalnya hati itu umum, bukan hanya ditempatkan atau digunakan dengan hal-hal yang berhubungan dengan cinta atau perasaan yang dalam mengenai si dia.

Kamu kalau chat sama lawan jenis, pake hati gak? Emm baper. Banyak yang bilang kalau chat sama lawan jenis tuh jangan pake hati, tar baper katanya. Iya gitu? Kalau kata saya salah sih, da pasti pake hati, pake perasaan kalau chat tuh. Pas kamu tau ada chat dari seseorang dan kamu buka terus kamu bales, itu tandanya kamu pake hati dan perasaan kamu. Kalau gak pake hati sih gak mungkin kamu buka terus kamu bales. Ini maksudnya hati yang simpati gitu ya, hati dan perasaan yang baik hati. Apa sih. Ya jadi intinya kalau chat sama siapapun itu pasti pake hati. Mau sama temen, sama mamah, sama temennya mamah, sampe sama ibu bapak guru pasti pake hati. Kalau sama gebetan gimana? Pasti pake lah. Lebih malah. Eh.

Terus kalau misalnya kamu tuh seorang perempuan cantik atau laki-laki tampan, kamu menebar senyum ke setiap orang yang kamu temui. Terutama kepada lawan jenis yang dari jauh udah cengengesan pas mau ketemu kamu. Kira-kira kamu pake hati gak? Pasti kamu-kamu yang lagi baca jawabannya enggak da. Iya kan? Jujurlah, jangan sok nutupin gitu. Pasti kalian jawabnya enggak kan?! Mohon maaf, jawaban kalian tidak tepat. Jawabannya yang benar adalah: pake hati. Kenapa pake hati? Karena kamu masih punya niatan baik tuh, ngasih senyum ke setiap orang. Karena setiap kebaikan itu berawal dari hati kan? Wes. Senyum itu ibadah, senyum itu sedekah. Jadi kalian jangan pelit senyum ya. Apa yaa.

Ya begitulah ceritanya, saya cuma ngasih contoh yang ada dikehidupan sehari-hari yang mungkin sering kita rasakan, ya kayak tadi chat dan ngasih senyum. Saya ingatkan ya teman-teman tercinta, kita seringkali menempatkan ‘pake hati’ tuh ke hal yang kurang penting (chat sama lawan jenis), padahal banyak sekali hal yang jauh lebih penting yang seharusnya kita pake hati dalam menjalaninya. Kayak apa coba?

1. Belajar 

Pernah gak kamu kepikiran kalau belajar tuh harus pake hati? Atau kamu cuma pake hati kamu kalau nyapa doi doang? Kalau kamu udah ngerasa dan mikir kalau belajar tuh harus pake hati, itu bagus, mantap. Belajarnya juga bakal enak dan nyaman, seenak dan senyaman chat sama doi kamu. Jadi bukan senyum si dia doang yang bikin kamu seneng, tapi baca buku pelajaran juga kamu seneng.

2. Membantu orang tua 

Kalau kamu bantuin orang tua kamu tapi ngegerutu, itu pasti kamu gak pake hati, dan itu salah besar. Harus pake hati dong, biar apa yang kamu kerjain tuh bernilai ibadah. Kenapa harus pake hati? Biar ketika bantuin orang tua, kita seneng, ketagihan, gampang ngerjainnya. Segampang dan seseneng ketika doi kamu minta bantuan ke kamu.

3. Ibadah 

Katakanlah shalat, sedekah, puasa, dlsb. Kalau kita shalatnya masih dipaksa-paksa sama orangtua, atau merasa shalat itu suatu kewajiban, kita shalatnya belum pake hati. Atau kalau kita puasa senin kamis karena ingin kurus, kamu belum pake hati. Dan misal kalau kita sedekah karena ingin dapet berlipat-lipat rezeki, kita belum pake hati. Kalau untuk ibadah sih pada awalnya memang pake modus; modus dipaksa shalat, modus ingin kurus, modus ingin rezeki berlipat. Tapi kesananya insya Allah pake hati dan tujuannya cuma mengharap ridho Allah. Ibadah mah proses ya, jadi teu nanaon mun awalna teu pake hati, kadituna mah insya Allah. Tapi bukan itu yang kudunya dibahas:(, tapi gak apa apa lah ya. Ya jadi kudu pake hati, biar ringan, nyaman, mudah. Semudah dan seringan ketika kamu dipanggil doi kamu. masa kalau dipanggil Sang Pencipta susah dan berat? Inget, kudu pake hati.

Eta weh nya, tilu rupa anu kuduna urang bener-bener make manah. Wes manah. Terang manah? Manah teh hate.

Jadi bro-sis, hati itu kuat, dengan hati kita bisa kuat dan menguatkan. Kalau kamu bisa kuat karena mencintai si dia, kamu pun harus jauh jauh jauh lebih kuat dalam hal yang jauh lebih dan sangat penting; belajar, bantuin orang tua, ibadah.

Apapun yang ketika dijalankannya menggunakan hati, pasti terasa ringan dan mudah. Iya kan? Baca tulisan ini juga harus pake hati ya, biar ringan dan mudah, biar meresap ke pori-pori pikiran kalian, biar bisa dengan mudah diterapkan.

Mungkin cukup sekian tulisan berisi penuh makna dari saya, semoga manfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Pidato : Persahabatan yang Sesungguhnya

Praktek Nikah

Kutub Kebaikan dan Kutub Keburukan